Wednesday, September 11, 2013

Tips : Memilih Pelembap yang tepat

Hai hai, bosen kali ya kalo postnya review produk terus hahaha. Karena aku baru dapet info dari buku tentang pelembap, nah gak ada salahnya kan kalo aku share disini ya? Boleh ya boleh? :D

Note : Produk yang aku tampilin dipost ini bukan berarti produknya udah bener ya, produknya aku gunakan hanya untuk mewakili karakteristiknya. Dan semua info yang aku tulis dipost ini dirangkum dari buku "Merawat Kulit & Wajah karangan Aceng Rdwan Fauzi dan Rina Nurmalina"

Kalo lagi jalan-jalan kecarefour, Guardian atau supermarket, aku sering ketemu produk pelembap dengan berbagai macam fungsi dan bermacam-macam karakteristik. Sejujurnya kebanyakan pilihan jadi bikin aku pusing untuk memilih mana yang harus aku beli dan mana yang bener-bener dibutuhkan oleh kulitku. Dan setelah dapet info dari buku, ternyata memilih pelembap itu harus bener-bener cermat dan teliti sama seperti memilih skincare untuk muka. Ok, kita langsung bahas aja ya apa yang aku dapet. Semoga info ini bisa bermanfaat, atau kalo mau beli bukunya bisa langsung dibaca dan dipraktekan deh hihi.

Faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan pelembap bermacam-macam, mulai dari iklim tempat kita tinggal, aktivitas/lingkungan kita, dan banyak lagi lainnya. Dan jenis-jenis pelembap yang ada sekarang juga bermacam-macam dan harus digunakan sesuai kebutuhan kulit kita.
Secara umum, pelembap tubuh dapat dibedakan menjadi 3 jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan :
1. Body Lotion
2. Body Cream
3. Body Butter

Nah pasti dari 3 diatas kita udah sering dengar kan? Atau malah udah gak asing lagi tiga-tiganya didengar dan ternyata 3 jenis pelembap itu punya fungsi masing-masing lho. Mari kita bahas satu per satu.

1. Body Lotion
Diantara 3 jenis pelembap, body lotion yang paling banyak beredar dengan berbagai merk. Body lotion yang baik seharusnya tidak terlalu berminyak dan cepat menyerap/meresap. Bagi yang tinggal didaerah yang lembap atau panas, body lotion adalah pilihan yang tepat karena kita gak perlu khawatir kalo lotionnya nempel dipakaian, kan cepat kering ^_^
Body lotion yang beredar banyak banget menawarkan manfaat yang berbeda-beda, misalnya untuk perlindungan dari matahari, untuk putih, untuk mengencangkan, menghilangkan noda-noda dan banyak lagi kegunaan lainnya. Body Lotion sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit jangka panjang apalagi harganya banyak yang terjangkau hehe. Bagi yang mau mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan prematur, so jangan abaikan pentingnya Body Lotion ya ^_^
Note : Kalo aku biasanya pake Body Lotion ini untuk pagi hari supaya terlindung dari matahari ^_^

2. Body Cream
Body Cream bentuknya lebih pekat dibanding Body Lotion dan mengandung lebih banyak minyak pelembap. Body Cream paling baik digunakan di kulit yang paling kering, seperti lengan dan kaki yang gak memiliki banyak kelenjar minyak ketimbang dada dan punggung. Bagi yang punya jerawat di dada dan punggung itu artinya dada dan punggung memiliki minyak alami yang cukup, jadi hindari penggunaan Body Cream di daerah kulit yang berjerawat. Body Cream paling bagus jika digunakan saat cuaca dingin karena biasanya kalo cuaca lagi dingin kulit jadi kering.
Sangat disarankan untuk hati-hati dalam memilih Body Cream, hindari bahan-bahan kimia berbahaya yang sering terdapat pada Body Cream seperti paraben, minyak mineral, alkohol (etanol, etil alcohol, alcohol benzyl) karena bahan kimia bisa menyebabkan reaksi alergi dan iritas pada kulit. Alkohol juga dapat menyebabkan kulit kering sehingga rentan terhadap bakteri, jamur dan virus.
Note : Kalo Body Cream aku pake malem hari setelah mandi kalo aku lagi butuh kelembapan :D

3. Body Butter
Body Butter memiliki kandungan minyak paling tinggi dari ketiga pelembap. Body Butter teksturnya bisa dikatakan hampir mirip sama margarin atau mentega. Hahaha. Jadi ada baiknya kalo Body Butter dioleskan pada kulit yang amat kering atau cenderung pecah seperti sikut, lutut atau tumit. Bagi yang sering nongkrong diruangan yang berAC, Body Butter sangat membantu mengurangi atau mencegah kulit jadi kering dan keriput. Dan ternyata Body Butter juga bagus untuk digunakan oleh ibu hamil supaya dapat mencegah timbulnya stretchmark tapi konsultasikan dengan dokter kandungan dulu ya ^_^
Body Butter biasanya dibuat dengan bahan dasar tumbuhan yang menganduk lemak seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.
Note : Kalo Body Butter aku pake untuk daerah sikut, tumit dan lutut. Tapi jarang banget pake ini, karena kulitku gak kering-kering amat. Udah ternutrisi dari Body Lotion dan Body Cream hihi

Nah, ternyata banyak macem kan pelembap itu. Sekarang udah tahu apa yang kamu butuhkan dan mana yang jadi pelembap favoritmu? Kalo aku, hmmm semua punya manfaat masing-masing dan aku suka semua ketiga pelembap itu, hehehe. Tapi kalo disuruh pilih mana yang paling favorit aku pilih Body Lotion, karena banyak manfaatnya, teksturnya cepet menyerap dan harganya juga terjangkau hihihi.
Dan ada lagi nih info yang gak kalah pentingnya, yaitu cara penggunaannya. Pelembap itu paling bagus digunakan setelah mandi, kira-kira 3-5 menit setelah mandi karena setelah mandi kulit kita masih menyimpan air pada saat kita mandi jadi kalo mengoleskan pelembap setelah mandi bisa mengunci air supaya tetap berada dipori-pori kulit sehingga kelembapan lebih maksimal dan tahan lama.

Gimana? Semoga infonya gak ngebosenin ya. Kalo ada salah kata-kata atau berbeda dari info yang kalian dapet, share ya ^_^ supaya bisa tambah info juga.
Thanks for attention guys....

With Love,
Luci


10 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama Rifka ^_^
      Makasih juga udah mampir ya :)

      Delete
  2. Enggak cuma perawatan wajah yang macam-macam nama dan jenisnya ya.
    Udah gitu skrg ada body serum dan body oil. Nanti kapan muncul macem2 produk yg lain ya?

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooo baru lagi tuh ya, baru denger hahaha. Makin kompleks aja ya perawatan zaman sekarang hahaha

      Delete
  3. aku juga pake vaseline yang itu ce luciii ^^

    ReplyDelete
  4. Kalo body lotion aku rutin pakenya, kalo body butter jarang bangett.. Apalagi body cream XD hehehe, makasih infonya ya ^^

    Anyway, ikutan giveawayku yuk, ada kacamata dari Firmoo ^^
    http://noniq.blogspot.com/2013/08/1-giveaway-noniq-diary-x-firmoo.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ya hampir mirip-mirip lah sai. Aku juga jarang pake Body Butter hihihi.

      Thanks untuk invitenya Noniq, tapi sayang banget aku pake kacamata huhu. Jadi kalo dapet hadiah juga gak bisa pake T_T

      Delete
  5. Thanks infonya! Jadi tahu sekarang perbedaannya. Btw, lucu bisa masukin stiker Brown & Cony ^^

    kamarmelissa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mel (panggilannya bener gak ya? Hehehe)

      Iya cute stikernya hihihi.

      Delete

Thanks all udah mampir dan comment keblogku ^_^
Mohon maaf untuk comment dalam bentuk iklan akan aku anggap spam ya, mohon pengertiannya ^_^